Bagaimana Merencankaan Pendapatan untuk Liburan yang Seru?

Liburan adalah suatu momen yang sangat berharga dan ditunggu. Rencana liburan tentu lebih asyik jika dalam menentukan tujuan destinasi wisata berdasarkan kesukaan dan keinginan kita.

Momen tersebut banyak digunakan masyarakat urban untuk beristirahat dari rutinitas pekerjaan yang melelahkan, berkumpul bersama keluarga, refreshing, dan melakukan perjalanan liburan keluar kota atau luar negeri.

Sayangnya, banyak keluarga yang belum terbiasa mempersiapkan liburan mereka atau bahkan melakukan liburan secara mendadak tanpa memperhitungkan biaya dan pengeluaran di luar dugaan yang mungkin terjadi.

Padahal biaya liburan itu apalagi bersama keluarga bisa jadi mahal, apalagi biaya liburan ke luar negeri yang bergantung dari nilai tukar Rupiah terhadap Dollar.

Kita berhak merdeka dalam berlibur sesuai tujuan yang kita inginkan, sehingga kita harus kondisikan pendapatan agar dapat memenuhinya.

Tidak perlu dipusingkan karena faktor anggaran, yang tentu tidak lepas dari faktor pendapatan.  Hal ini mungkin sudah sering terjadi, dimana liburan disesuaikan dengan kondisi budget.

Karena jika budget-nya tidak mencukupi apalagi sampai berutang, hal ini akan membuat kondisi finansial menjadi tidak sehat.

Jadi, pastikan jumlah pendapatan yang dimiliki dapat meng-cover kebutuhan liburan kesukaan kita. Agar dana liburan mencukupi, dan keuangan keluarga Anda sepulang dari liburan tidak terganggu, Anda harus merencanakan anggaran pendapatan dengan efektif dan mengelola anggaran liburan  dengan efisien.

Jadi, tema yang ulasan yang akan kita angkat kali ini adalah bagaimana menghitung dan Merencankaan Pendapatan Based On Budget Liburan.

Akhir tahun akan tiba, Anda dan keluarga pasti ingin pergi berlibur. Sebelum pergi berlibur jangan lupa untuk mempersiapkan dana liburan. Jika Anda sudah menentukan akan berlibur kemana, tentu budget liburan harus disesuaikan. Banyak orang tidak memahami betapa pentingnya memperhitungkan dan merencanakan dana liburan.

Kebanyakan orang hanya akan mempersiapkan sejumlah besar uang dan berangkat begitu saja. Padahal lebih baik jika semua direncanakan terlebih dahulu agar semua dana dapat dikendalikan.

Mari kenali beberapa manfaat membuat perencanaan dana liburan sebelum pergi berlibur :

#1 Budget Tidak Kurang, Tidak Berlebih

Semakin rinci dan akurat dana yang direncanakan, maka semakin pasti berapa dana yang dibutuhkan. Dengan membuat perencanaan dana liburan Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan uang secara mendadak di tempat berlibur karena semua sudah diperhitungkan.

#2 Tidak Ada Kebutuhan yang Terlewat

Ada banyak kebutuhan yang harus dipersiapkan ketika berlibur karena Anda harus tinggal di tempat lain selama beberapa hari. Sebaiknya Anda memiliki checklist untuk memenuhi seluruh kebutuhan tersebut. Perencanaan dana liburan yang Anda buat nantinya dapat menjadi checklist untuk liburan Anda. Memiliki daftar kebutuhan liburan adalah hal yang penting lho. Jangan sampai ada kebutuhan penting yang terlewatkan sehingga Anda kebingungan ketika sampai di tempat berlibur.

#3 Kontrol Keuangan

Perencanaan dana liburan juga dapat menjadi kontrol keuangan Anda. Ketika merencanakan liburan biasanya Anda sudah menyiapkan patokan budget yang disediakan. Dengan membuat perencanaan dana liburan, Anda bisa mengetahui apakah budget tersebut sudah cukup untuk liburan yang Anda rencanakan. Jika kebutuhan melebihi budget maka Anda dapat segera mencari alternatif lain untuk mengurangi dana liburan. Atau Anda bisa mempertimbangkan alternatif liburan lain yang sesuai dengan budget Anda.

Simulasi Perhitungan dan Perencanaan Pendapatan

Perencanaan dana liburan tidak boleh disepelekan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan perencanaan dana liburan. Tentunya Anda ingin berlibur dengan tenang dan pulang dengan senang. Jika semua biaya terkendali, tidak akan ada beban akibat over budget  setelah Anda pulang nanti. Sebaiknya perhitungkan dan buatlah perencanaan dana liburan Anda serinci dan seakurat mungkin.

Buatlah estimasi besarnya dana yang dibutuhkan untuk berlibur. Untuk mencegah liburan yang boros, tetapkan pula dana maksimum yang akan Anda dan keluarga gunakan ketika berlibur. Setelah rincian anggaran berlibur dibuat, Anda harus mulai menyisihkan sebagian dana secara rutin dengan nominal yang tetap setiap bulannya.

Untuk mempersiapkan dana liburan sesuai pilihan destinasi yang menjadi kesukaan kita, setiap tahun, alokasikan 30% dari total penghasilan Anda selama setahun untuk investasi. Dari Investasi tersebut, minimal 10% dari total penghasilan (RoI) setahun untuk budget liburan.

Setiap tahun, berusahalah agar total nilai aset (dalam bentuk properti, reksadana, dan emas) bisa tumbuh 30% – didorong oleh pembelian aset baru), selebihnya nilai aset yang meningkat karena apresiasi nilai aset, dapat dialokasikan pendapatannya untuk budget liburan.

Dalam hal menabung reksa dana yang jadi alternatif pilihan investasi. Reksa dana terdiri dari beberapa jenis, ada reksa dana pendapatan tetap, campuran dan saham. Baik yang konvensional maupun yang bersifat syariah. Yang menarik, sebagaimana tabungan, investasi reksa dana sangat terjangkau, dan dapat ditarik kapan saja sesuai ketentuan yang berlaku di prospektus. Dengan investasi awal hanya Rp 250 ribu saja, dana liburan dapat dikumpulkan dan diinvestasikan secara berkala.

Masing-masing reksa dana menawarkan potensi imbal hasil sesuai dengan profil dan karakteristik produk tersebut. Semakin tinggi potensi imbal hasil, biasanya diikuti pula dengan potensi risikonya. Kuncinya adalah bagaimana kita memilih reksa dana yang sesuai dengan karakter risiko, tujuan investasi dan terutama jangka waktu berinvestasinya.

Jadi bagaimana? Pilih tingkatkan pendapatan agar kita bebas memilih Liburan, atau pilih liburan yang menyesuaikan dengan pendapatan yang diterima saat ini?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

37 − = 28