Pilihan Destinasi Wisata di Indonesia untuk Backpacker yang Bikin Baper

Backpacking atau disebut juga sebagai wisata ransel merupakan perjalanan dengan tujuan rekreasi atau liburan yang mengusung konsep penggunaan ransel sebagai media angkut barang – barang pribadi traveler pada perjalanannya selama berlibur.

Konsep backpacking ini mengusung konsep minimalis dimana pelaku wisata atau turis hanya membawa keperluan pribadinya tidak melebihi batas ransel besar atau disebut juga sebagai tas carier.

Konsep backpacking sudah cukup lama dikenal, namun konsep ini tidak pernah ada habisnya karena konsep ini sangat cocok bagi siapa saja dan backpacking ini sangat disukai oleh kalangan remaja yang ingin menantang dirinya melakukan perjalanan yang sederhana namun tetap meninggalkan kesan yang baik bagi para pelakunya.

Menurut analisa Booking.com, yang berasal dari 128 juta lebih ulasan asli para tamu dengan riset kepada 19.000 wisatawan di 26 negara, mengulas tren wisatawan tidak terlalu berminat untuk mengikuti tren grup dimana lebih dari separuh (57%) ingin melakukan perjalanan yang lebih independen.

Perkembangan kecerdasan artifisial dan teknologi digital membantu wisatawan memiliki intuisi destinasi yang cerdas, membentuk kembali cara kita meneliti, memesan, dan menikmati wisata. Hampir setengah dari wisatawan (44%) akan menggunakan aplikasi perjalanan.

Melihat kecenderungan tren daftar perjalanan backpacker adalah melihat salah satu keajaiban dunia, karena hampir separuh traveler (47%) akan terlihat mencentang ini pada tahun 2018. Lebih dari sepertiga (35%) mendambakan kelezatan lokal, 34% ingin menuju ke pulau yang indah, dan 34% adalah pencari ketegangan yang ingin mengunjungi taman hiburan terkenal di dunia.

Sepertiga dari traveler (34%) akan mempertimbangkan liburan yang mereka alami sewaktu anak-anak. Millennial terlihat lebih sentimental dengan 44% anak berusia 18 sampai 34 tahun tertarik untuk kembali ke destinasi favorit keluarga.

Aktivitas lainnya yang tren dilakukan antara lain ikut serta meramaikan acara budaya yang unik (28%), belajar keterampilan baru (27%), melakukan perjalanan epik atau perjalanan kereta api (25%), dan mengunjungi tempat yang jauh atau lokasi menantang (25%).

4 Destinasi Wisata bagi Para Backpacker di Indonesia

Perjalanan backpacking ini biasanya banyak dilakukan bagi wisatawan yang menyukai keindahan pantai, laut atau pegunungan. Dalam arti lain perjalanan yang sering dilakukan berhubungan dengan wisata alam dan tujuan dari wisata alam ini untuk menikmati keindahan alam yang jauh dari suasana perkotaan yang penuh dengan hingar bingar juga kesibukan para masyarakatnya yang harus berkejar – kejaran dengan waktu.

Melalui artikel ini, akan dibahas 4 destinasi wisata yang berada di Indonesia dan cocok bagi traveler yang menyukai konsep backpacking untuk menikmati masa rekreasi atau liburannya. Adapun 4 destinasi itu, antara lain :

  1. Bali

Pulau Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat digemari oleh wisatawan baik domestik hingga mancanegara. Hal tersebut karena Bali tidak hanya memiliki banyak wisata pantai, namun Bali memiliki keindahan alam yang asri juga beragam tawaran kebudayaan daerah yang mampu membuat takjub setiap wisatawan yang datang untuk berkunjung dan menikmati masa berlibur dan rekreasi mereka. Disamping itu, kawasan wisata Bali pun menawarkan banyak penginapan murah dengan fasilitas yang cukup baik dari segi kamar hingga adanya akses internet juga sarapan bagi para tamu penginapan. Harga yang ditawarkan jika Anda mengunjungi kawasan wisata Bali pun bisa dikatakan relatif murah dan hal itu menjadi pilihan tepat bagi para backpacker.

  1. Karimun Jawa

Kepulauan Karimun Jawa merupakan salah satu destinasi wisata pantai dan laut yang banyak digemari pula bagi wisatawan domestik maupun dari mancanegara. Karimun Jawa memiliki banyak pulau – pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan dengan pemandangan dalam lautnya yang sangat indah indah. Jika Anda senang beraktivitas renang, maka pilihan berlibur di Karimun Jawa sangatlah tepat karena air laut di Karimun Jawa sangat jernih sehingga bisa memanjakan mata Anda dan bisa memberikan kepuasan bagi Anda dalam menjalankan aktivitas rekreasi dan liburan Anda. Di Kepulauan Karimun Jawa ini pun Anda bisa menikmati hidangan laut dengan harga yang murah karena lokasi kepulauannya yang sangat dekat dengan laut. Disamping itu, penginapan di Karimun Jawa pun memiliki harga yang variatif mulai dari harga yang murah hingga penginapan dengan harga yang cukup mahal.

  1. Pulau Komodo

Salah satu destinasi wisata backpacking di Indonesia yaitu Pulau Komodo. Mungkin belum banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Pulau Komodo, walaupun begitu keindahan  alam Pulau Komodo sayang jika dilewatkan apalagi bagi Anda yang senang bepergian dengan konsep backpacker. Pulau Komodo ini pun dikekelingi oleh laut dan di pulau ini pun Anda bisa menikmati jernihnya air laut dengan beragamnya biota atau hewan laut yang sangat beragam. Disamping itu, sesuai dengan namanya di pulau ini banyak ditemukan hewan melata komodo yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan melaksanakan liburan di Pulau Komodo. Sama halnya seperti Bali, Karimun Jawa maupun Yogyakarta, eksistensi Pulau Komodo ini pun sudah sampai hingga kancah mancanegara sehingga tidak sedikit wisatawan mancanegara yang datang berkunjung untuk menikmati masa liburannya di tanah Pulau Komodo.

  1. Yogyakarta

Melakukan wisata Backpacking di Yogyakarta sangatlah tepat karena Yogyakarta atau disingkat Yogya merupakan destinasi yang sangat mudah dijangkau bagi Anda yang tinggal di pulau Jawa. Namun bagi Anda yang berada di luar Jawa, Yogya sudah dilengkapi pula dengan fasilitas bandara sehingga akses menuju Yogya pun sangat mudah. Sama halnya dengan Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki beragam wisata budaya yang akan membuat takjub bagi para wisatawan. Adanya Keraton Yogya menjadi salah satu daya tarik wisata sejarah di Yogya. Bagi Anda para backpacker, mengunjungi museum keraton ini sangatlah dianjurkan. Untuk harga tiket masuk yang ditawarkan Anda tidak perlu takut karena harganya yang murah dan Anda bisa dengan puas melihat – lihat juga menambah ilmu Anda dalam bidang sejarah. Disamping itu, Anda pun bisa mengunjungi pusat pelatihan batik di Yogya dan Anda pun bisa berkontribusi untuk belajar membatik

Dari keempat destinasi diatas, semuanya memiliki lokasi wisata yang lengkap diantaranya ada wisata pantai, laut, kota, maupun gunung sehingga bagi Anda yang gemar dengan wisata alam, Anda bisa menikmati perjalanan liburan Anda di pantai atau di gunung.

Sedangkan bagi Anda yang hanya ingin menikmati suasana kota yang berbeda dari kawasan Anda berasal, Anda tetap bisa menikmati indahnya kota Bali, Yogyakarta, Karimun Jawa dan juga Pulau Komodo. Anda pun bisa menambahkan agenda untuk menjalankan wisata kuliner dan mencicipi beragam cita rasa khas Indonesia yang bisa memperkaya ilmu Anda dalam dunia kuliner.

Disamping itu, tambahkan pula di agenda Anda untuk menikmati budaya Indonesia yang mungkin jarang Anda temukan di daerah Anda.

Kembali pada konsep backpacking, keempat destinasi diatas akan memuaskan Anda dengan biaya yang murah sehingga sangat cocok bagi Anda yang memang sudah merencakan perjalanan Anda dengan konsep minimalis namun tetap memiliki agenda penting agar terciptanya kenangan yang indah bagi Anda.

Disamping itu, jangan lupa untuk selalu membawa kamera atau ponsel Anda sehingga Anda bisa menangkap setiap momen unik dan indah yang akan Anda temukan di perjalanan Anda. Konsep backpacking ini bukan hanya konsep perjalanan yang sederhana ataupun murah tetapi konsep perjalanan ini adalah menemukan kebahagiaan dalam perjalanan yang sederhana namun dengan kenangan yang mewah.

Konsep minimalis ini ditujukan bagi Anda yang ingin menikmati perjalanan tanpa harus berpikir panjang soal pengeluaran Anda yang membengkak karena biaya penginapan, transportasi, makan dan tempat wisata yang menguras keuangan Anda.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 5 =