Manajerial Bisnis Wisata di Era Digital yang Fenomenal

Memasuki era revolusi industry 4.0. dunia disibukan dengan perkembangan teknologi yang mengarah pada aktivitas digital. Aktivitas yang kita sebut dengan dunia maya. Revolusi industry yang biasa kita pahami sebagai perubahan sistem secara fundamental. Perubahan ini yang kemudian menggeser perilaku manusia dari yang manual menjadi serba instan dan digital.

Kemajuan ini juga berdampak negative sekaligus positif bagi para pelaku usaha.dampak negatifnya adalah para pelaku usaha yang tidak mampu memanfaatkan teknologi digital, maka akan banyak tertinggal oleh persaingan yang terjadi masa-masa ini, bukan hanya itu melainkan juga dapat berpotensi gulung tikar karena tidak mampu ber adaptasi dengan keadaan.

Sedangkan dampak positif yang di dapat yaitu semakin meningkatnya daya jual yang di hasilkan oleh para pelaku usaha. Karena kemajuan teknologi hari ini berhasil merambah ke semua sektor diantaranya ekonomi,politik,hukum,pendidikan pariwisata dan lain sebagainya. Oleh karena itu jika seluruh pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang besar dari dampak revolusi industri 4.0, maka kemajuan besar pun akan di dapatkan.

Kemajuan ini yang kemudian harus benar-benar di sikapi secara matang dan sistematis agar dapat optimal dalam menunjang kebutuhan pangsa pasar setiap para pelaku usaha. Pariwisata menjadi objek bisnis yang begitu menggiurkan dalam perkembangan teknologi hari ini. wisata menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat strategis bukan hanya dalam konteks lokal melainkan mancanegara, contohnya berbagai wisata di jepang yang menjadi salah satu tujuan para wisatawan dunia, bukan hanya jepang banyak sekali negara-negara yang mempunyai objek wisata dengan pengunjung dari seluruh belahan dunia. Misalkan perancis dengan menara eifel, di belanda dengan kanal amsterdam ataupun inggris dengan british museumnya.

Tahun 2013 data yang dirilis oleh bidang perjalanan dan kepariwisataan menunjukan penghasilan mencapai 2,1 milyar USD. Angka tersebut mampu memberikan banyak kontribusi bagi PDB Global dua kali lipat daripada industri otomotif. Hampir 40% lebih besar dari pada industri di bidang kimia global. Sekor pariwisata mampu mengungguli beberapa sektor diantaranya pendidikan,komunikasi, dan pertambangan global.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang di kenal sebagai negara dengan berbagai macam budaya,ekosistem dan pariwisatanya, tentu sangat berpotensi untuk menjadikan seluruh wisata indonesia bisa semaju dan menjadi salah satu tujuan wisata oleh para turis mancanegara. Dengan kemajuan teknologi sekarang tentunya hal semacam ini bukan perkara yang sulit, asalkan terencana dengan matang,sistematis dan semua elemen ikut terlibat dalam misi besar ini.

Untuk dapat mencapai semua itu tentu perlu adanya manajemen yang rapi,sistematis dan matang, dengan di dukung oleh sumberdaya yang mumpuni di bidangnya masing-masing. Jika hal itu dapat di jalankan maka bukan mustahil bahwa wisata di indonesia dengan segala bentuk keunikan dan ciri khasnya masing-masing akan dapat di kenal dunia secara luas. Mari sama-sama kita ulas terkait manajemen bisnis wisata yang di antaranya ada tantangan,strategi dan peluang yang menjadi titik awal membangun manajemen yang baik.

Tantangan (Challenge)

Tantangan menjadi salah satu yang harus diperhatikan, karena dengan mengetahui tantangan secara mendalam maka strategi yang akan di hasilkan juga akan selaras.

  1. Persaingan secara global

Banyak sekali wisata di seluruh dunia yang terus bersaing membranding keunggulan dan keunikan dari wisata di seluruh dunia, persaingan pun semakin ketat ketika internet sudah berhasil masuk di sektor pariwisata, karena bukan lagi bersaing dengan negara-negara besar yang mempunyai banyak destinasi wisata dan budaya. Negara kecil yang mungkin tidak banyak rang tahu pun akan ikut terus membranding wisata di negaranya agar dapat bersaing dengan negara yang lain.

  1. Tourism creativity

Para wisatawan dunia tentunya akan mencari objek wisata yang memiliki keunikan dan keindahan di setiap tempat yang akan di kunjungi, misalkan jepang dengan bunga sakura yang unik serta banyak menarik perhatian dan akhirnya di jadikan satu branding yang menjual dan berhasil mendapatkan banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia setiap tahunnya. Ini merupakan tantangan yang harus benar bisa di jawab oleh kita jika ingin terus bersaing memperkenalkan keunikan dan menjadi pembeda dengan tempat wisata lainnya. Kreatifitas pariwisata merupakan bentuk istilah dimana para pelaku yang terlibat perlu adanya kreatifitas dalam memberikan branding wisata baik dari dokumentasi, maupun tempat yang benar-benar memiliki added value

Strategi (Strategy)

Strategi merupakan bentuk dari langkah-langkah atas setiap apa yang akan di lakukan, strategi juga bisa kita sebut dengan peta awal dalam menentukan dan memastikan target yang akan di tuju.

  1. Rekrutlah SDM yang mempunyai kapabilitas dalam bidang yang di butuhkan

Walaupun terlihat sepele namun strategi ini menjadi salah satu hal yang paling mendasar dalam membangun satu strategi yang matang, karena jika SDM tidak ahli di bidangya, maka yang terjadi malah tidak bisa di ajak bekerja untuk pengembangan wisata justru malah sibuk mengajari sampai matang. Oleh karenanya strategi ini menjadi hal yang sangat penting walaupun terihat sepele.

  1. Optimalkan kemajuan dunia digital

Di era yang semakin maju terutama dalam di bidang internet membuat semua perilaku dan aktivitas manusia berubah 360 derajat. Semua aktivitas mulai berpindah ke internet mulai dari bisnis, jualan dan lain sebagainya. Dengan melihat peluang ini maka potensi untuk dapat membranding wisata di Indonesia semakin besar. Dan dampak kedepannya juga semakin positif karena wisata indonesia akan semakin di kenal oleh dunia.

Peluang (opportunity)

Peluang menjadi hal yang harus di manfaatkan dan di jalankan secara sistematis dan terukur, agar segala peluang yang ada mampu di optimalkan secara penuh.

  1. Internet menjadi peluang dalam sistem marketing bisnis pariwisata

Ladang yang sangat besar dan luas di berikan oleh dunia internet untuk di maksimalkan secara komprehensif, mengingat hari ini internet menjadi salah satu dunia yang bisa di katakan serba tau dan serba ada, seluruh manusia di dunia hari ini sudah hampir seluruhnya para pengkonsumsi internet. Jadi jika wisata indonesia bisa di marketkan lewat internet dengan segala potensinya maka gambaran wisata indonesia akan semakin dapat menarik para wisatawan dunia.

  1. Bisnis pendukung

Dalam pengembangan dunia wisata, tentu perlu adanya bisnis-bisnis yang mendukung untuk penunjang kelengkapan fasilitas yang ada di daera pariwisata, bisnis pendukung ini misalkan, transportasi, penginapan,souvenir,kuliner dan masih banyak lagi. bisnis pendukung ini yang kemudian juga dapat menghasilkan income yang cukuop besar setelah tiket pariwisata.

Itulah beberapa manajemen bisnis wisata yang harus bisa di pelajari untuk peningkatan wisata di indonesia dalam mengikuti persaingan di dunia global, bukan hanya itu semakin banyaknya wisatawan mancanegara yang datang keindonesia maka semakin naik pula rating indonesia di kancah dunia di bidang perjalanan dan pariwisata.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

80 − 77 =