Self assessment ini terdiri dari 44 pertanyaan pemikiran kritis tentang operasi dan manajemen organisasi bisnis pariwisata Anda. Pertanyaan dibagi menjadi enam kategori, antara lain:

  1. Perencanaan strategis
  2. Branding dan identitas
  3. Pengembangan produk
  4. Pelatihan dan pendidikan
  5. Pemasaran dan komunikasi
  6. Penjualan

Respon untuk self assessment ini memerlukan waktu sekitar 10 menit.

Selamat mencoba! Semoga Bermanfaat.

Nama Lengkap
Nama Perusahaan/Organisasi
Nomor HP
Alamat Email
website
1. Apakah organisasi Anda menyusun dan menetapkan Perencanaan Strategis (strategic Plan) tertulis?
2. Apakah organisasi Anda menyusun dan menetapkan rencana pemasaran (marketing Plan) tertulis?
3. Apakah Anda secara teratur mengukur efektivitas program pemasaran yang dilakukan dan menindaklanjutinya dengan perbaikan action plan program?
4. Apakah organisasi Anda memiliki kejelasan sasaran kinerja dan alokasi waktu untuk pelaksanaan seluruh inisiasi strategisnya?
5. Apakah organisasi Anda mengaitkan target sasaran strategis dengan target pendapatan (revenue)?
6. Apakah organisasi Anda secara konsisten menindaklanjuti rencana strategisnya untuk mencapai sasaran dan tujuannya?
7. Dapatkah organisasi Anda dengan jelas mendefinisikan target pasar dan segmen pelanggannya?
8. Apakah organisasi Anda memahami tren yang mempengaruhi cara pelanggan wisatawan merencanakan dan melakukan perjalanan ke destinasi pariwisata serta bagaimana perusahaan Anda menjangkau mereka?
9. Apakah organisasi Anda menetapkan Visi, Misi dan Value secara tertulis?
10. Apakah organisasi Anda menetapkan strategi Brand tertulis, termasuk pedoman penggunaan Brand secara formal?
11. Apakah organisasi Anda memiliki Brand yang berbeda yang dikenal dalam industri pariwisata dan diakui oleh para wisatawan/pelancong? 
12. Apakah Brand Anda menggunakan identitas yang otentik dan secara konsisten di berlakukan pada semua kegiatan pemasaran dan komunikasi?
13. Apakah organisasi Anda memberikan pengalaman yang konsisten kepada audiens dengan identitas Brand Anda?
14. Dapatkan Anda mengidentifikasi pesaing terkuat perusahaan Anda dan menggambarkan apa yang membuat mereka sukses?
15. Apakah organisasi Anda bersaing ketat pada aspek selain harga?
16. Apakah organisasi Anda secara rutin dan teratur membuat produk atau layanan pariwisata baru?
17. Apakah organisasi Anda konsisten memantau reputasinya melalui analisa, penelitian, umpan balik pelanggan atau melacak melalui forum ulasan online dan media sosial?
18. Apakah organisasi Anda memanfaatkan umpan balik pelanggan untuk meningkatkan kualitas produk/layanan yang ada atau untuk membuat produk/layanan baru?
19. Tahukah Anda berapa harga yang ditetapkan oleh pesaing Anda untuk produk dan layanan yang sebanding? serta tahukah jumlah pendapatan yang pesaing dapatkan?
20. Apakah Anda mengetahui berapa harga yang harus Anda tetapkan untuk setiap produk/layanan agar mencapai titik impas (break even)?
21. Apakah organisasi Anda tahu cara mengidentifikasi investor atau sumber daya modal lainnya untuk membiayai inisiatif pengembangan produk/layanan Anda?
22. Apakah organisasi Anda memiliki kebijakan dan prosedur pelatihan karyawan termasuk manual prosedur untuk semua karyawan baru?
23. Apakah organisasi Anda memberikan peluang untuk pengembangan karier dan pengembangan kapasitas kepada karyawan dan pemangku kepentingan?
24. Apakah orang yang bertanggung jawab untuk penjualan dan pemasaran organisasi Anda, memahami tujuan pertumbuhan organisasi Anda dan bagaimana peran mereka dalam mencapai tujuan ini?
25. Apakah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola operasional sehari-hari organisasi Anda mendapat manfaat dari pelatihan keterampilan teknis sehingga lebih produktif?
26. Apakah karyawan Anda sepenuhnya terlatih dalam mengembangkan praktik terbaik yang relevan dengan tujuan organisasi Anda?
27. Apakah organisasi Anda memperkerjakan setidaknya satu orang yang bekerja secara eksklusif untuk pemasaran?
28. Apakah Anda tahu aktivitas dan program pemasaran Anda yang mana yang bekerja dengan efektif dan powerful?
29. Apakah Anda secara aktif terlibat dalam kemitraan dan kerjasama dengan moda transportasi, untuk menarik lebih banyak pengunjung menggunakan produk/layanan dan destinasi pariwisata yang Anda tawarkan?
30. Apakah organisasi Anda menghadiri pameran dagang pariwisata nasional atau internasional?
31. Apakah strategi dan upaya pemasaran yang Anda lakukan, fokus pada mengedukasi pelanggan Anda tentang pilihan pengalamannya, dan membantu mereka memberi pertimbangan dalam membuat keputusan berdasarkan informasi pemasaran?
32. Apakah semua informasi di situs web organisasi Anda lengkap, terkini, dan akurat?
33. Apakah organisasi Anda menggunakan aktivitas periklanan digital yang canggih, seperti User Generated Content (UGC), penargetan ulang, iklan di media sosial, atau beriklan di mesin pencari (SEO)?
34. Apakah efektivitas kampanye email marketing organisasi Anda memberikan tingkat respons dan konversi penjualan di atas rata-rata industri?
35. Apakah organisasi Anda mengembangkan blog dengan menyediakan konten informasi yang konsisten dan bernilai bagi audiens?
36. Apakah organisasi Anda menggunakan analisis data untuk mengukur efektivitas kegiatan pemasarannya dan menganalisa inisiatif strategis untuk kegiatan pemasaran di masa depan?
37. Dapatkah organisasi Anda secara akurat melacak rasio atas pengembalian investasi (ROI) dari kegiatan pemasaran?
38. Apakah organisasi Anda memiliki target pertumbuhan yang jelas dan terukur untuk pendapatan dan profit di masa mendatang?
39. Apakah organisasi Anda menetapkan sasaran untuk investasi dan pengendalian risiko dalam pengembangan bisnis pariwisata?
40. Apakah Anda tahu berapa banyak prospek penjualan atau pertanyaan yang diperlukan untuk menghasilkan satu penjualan?
41. Apakah staf penjualan Anda dapat menjawab semua pertanyaan dari pelanggan prospek tentang produk/layanan perusahaan?
42. Apakah organisasi Anda bermitra dengan anggota pelaku usaha pariwisata lain untuk menjual produk dan layanan Anda?
43. Apakah orang-orang yang bertanggung jawab dalam program penjualan turut berkontribusi terhadap perumusan strategi, perencanaan atau kegiatan pemasaran?
44. Apakah situs web organisasi Anda merupakan saluran penjualan yang efektif dan user friendly?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

59 − = 57